Hal penting yang ingin dirasakan seseorang ketika pulang ke rumah adalah kenyaman. Dimana kita dapat melepas semua rasa lelah setelah bekerja seharian. Rumah sebagai tempat tujuan terakhir dalam setiap perjalanan. Setiap orang memiliki keinginan tersendiri mengenai konsep huniannya, semua tergantung dengan selera. Komponen penting dalam rumah adalah desain interior, disamping pentingnya penataan setiap perabotan agar sesuai dengan tempatnya, ada satu komponen yang tak bisa dipandang sebelah mata, yakni lantai.

Jika kita memasuki rumah pastilah menginjakkan kaki pada lantai rumah tersebut. Apa yang kalian rasakan jika kaki terasa risih menginjak lantai yang kotor penuh debu? kalian pasti merasa jijik. Jadi, pastikan kebersihan lantai rumah menjadi prioritas pertama. Selain itu, motif pada lantai mampu menambah keindahan interior rumah Anda. Terutama jika kalian memilih motif alami dari kayu, pastilah rumah lebih asri dan berbeda dengan rumah lain. Semua permasalahan tersebut dapat kalian atasi jika menggunakan parket lantai kayu.

 

Jenis Parket Lantai Kayu

Kalian yang masih jarang mendengar istilah parket lantai kayu perlu tau lebih dalam pengertiannya. Jadi, parket lantai kayu adalah salah satu komponen interior yang digunakan untuk menutupi permukan lantai yang berbahan dasar kayu. Bagi kalian yang sudah bosan menggunakan keramik biasa perlu mencoba lantai parket ini.

Parket lantai kayu terbagi menjadi dua jenis. Pertama, parket dengan bahan dasar kayu asli atau solid. Parket ini semuanya terbuat dari kayu, memiliki motif yang lebih alami dan warnanya juga masih kayu asli. Kedua, ada jenis parket yang terbuat dari bahan olahan, atau tak semua terbuat dari kayu. Parket ini di press sampai berbentuk seperti papan, sehingga mudah ditempelkan pada lantai. Parket jenis apa yang menjadi pilihan Anda ?

 

Memasang Parket Lantai Kayu

Setiap ornamen memiliki cara pemasangan tersendiri, begitu juga dengan parket lantai kayu. Cara pemasangan jelas berbeda dengan keramik, karena parket berbahan kayu. Awalnya pastikan lantai rumah Anda sudah dalam keadaan rata dan halus, kemudian pasang parket satu persatu dengan menggunakan lem khusus. Mudah bukan memasangnya.

Keunggulan Parket Lantai Kayu

Lantai parket tentunya masih jarang digunakan banyak orang. Hal ini disebabkan masih banyak yang belum mengenal ornamen tersebut. Sebenarnya menggunakan parket lantai kayu memiliki banyak keunggulan. Rumah Anda akan nampak lebih mewah nan elegan dengan motif kayu alami dan warna yang memberikan suasana kehangatan di rumah. Jika Anda memilih lantai parket dengan bahan kayu asli, akan mendapatkan kenyaman jangka panjang karena lebih tahan lama. Namun, dengan harga yang lebih mahal. Alternatif lain, Anda bisa menggunakan parket dari bahan olahan yang motifnya jauh lebih bervariasi dengan warna yang mirip dengan kayu asli.


la
 

Kelemahan Lantai Kayu Parket

Lantai parket selain memiliki segudang keunggulan juga tetap memiliki kelemahan. Lantai berbahan kayu ini tak dapat bertahan lama jika sering terkena air atau ruangan Anda terlalu lembab. Parket akan mudah keropos. Jadi, Anda harus mampu membuat suhu rumah terus kering. Selain itu, cara perawatan lebih susah dari keramik biasa. Lantai parket memerlukan pel dua kali, pertama dengan kain yang sedikit lembab, dilanjutkan dengan kain kering. Hal terpenting, harga parket kayu sangat mahal dibanding keramik. Jadi Anda harus menyesuaikan dengan budget Anda.

Post Your Thoughts