Lantai vinyl merupakan salah satu jenis penutup lantai sintetis yangmana memiliki motif sangat beragam karena motifnya sengaja dibuat meniru motif-motif lantai dari bahan lain. Diantara motif lantai vinyl ini adalah motif kayu, marmer, bebatuan, dan masih banyak lagi. Lantai vinyl ini sebenarnya terbuat dari bahan Polyvinyl Chloride (PVC) yang mempunyai tekstur sangat halus dan elastis sehingga pemasangannya dapat dilakukan dengan mudah.

 

Penggunaan Lantai Vinyl

Lantai vinyl ini mulai banyak digunakan pada rumah-rumah di Indonesia karena memiliki beberapa kelebihan yang diantaranya terletak pada keawetan dan juga harganya yang sangat bersahabat. Lantai ini pun bisa membuat suatu hunian akan tampak lebih indah dan juga elegan dengan modal yang tak seberapa.

 

Motif Lantai Vinyl Terbaru

Nah, lantai vinil ini juga ada banyak jenisnya sehingga bisa diseseuaikan dengan berbagai tema hunian. Adapun jenis-jenis lantai vinyl ini diantaranya adalah sebbagai berikut:

 1. Kayu Vinyl Plank

Jenis lantai vinyl yang satu ini disebut kayu vinyl plank karena bentuk dan cara pemasangannya menyerupui lantai kayu asli. Lantai kayu vinyl plank ini berbentuk persegi panjang dengan lebar sekitar 10-20 cm dan panjang berkisar 90-100 cm. Ukuran tersebut merupakan ciri dari vinyl plank pada umumnya.

Lantai jenis ini biasanya memiliki motif kayu dan dibuat dari potongan-potongan kayu kecil. Kayu yang digunakan biasanya adalah jenis kayu jati, ulin, merbabu, dan lain sebagainya. Motif lantai kayu vinyl plank sangat mirip dengan motif pada kayu asli sehingga akan memudahkan anda dalam mendekorasi suatu ruangan di rumah tanpa harus menggunakan kayu asli yang harga tiap lembarnya pasti jauh lebih mahal.

 

2. Vinyl Tile

Lantai vinyl tile memiliki motif yang meyerupai keramik sehingga lantai ini sangat cocok untuk anda yang ingin memiliki tampilan lantai keramik, namun tidak ingin bahan keramik asli karena mudah tergores ataupun retak. Selain itu, lantai vinyl jenis ini juga tidak keras ataupun terasa dingin di kaki ketika dipijak seperti halnya lantai keramik yang asli.

Ukuran lantai vinyl tile ini pun sangat bervariasi dan juga sangat mirip dengan keramik asli. Meskipun menyerupai keramik asli, vinyl tile ini tidak menggunakan nat. Pemasangan penutup lantai vinyl ini hanya menggunakan perekat atau lem khusus yang akan membuat sambungan antar satu lantai vinyl dengan yang lain nyaris tak kelihatan. Pemasangan juga dapat dilakukan secara variatif dengan bentuk vinyl horizontal ataupun vertical.

 

3. Karpet Lantai Vinyl Roll

Karpet lantai vinyl yang ini menggunakan bahan PVC, sedangkan karpet lantai biasanya menggunakan bahan cotton ataupun nylon. Hanya saja, betuk lantai vinyl ini mirip dengan karpet sehingga disebut karpet vinyl. Lantai vinyl roll ini memiliki lebar 2 meter dengan panjang sekitar 25 meter sehingga cocok dipasang di ruangan yang luas.

Karakter karpet lantai vinyl ini tidak berbulu, namun corak atau motifnya sangat beragam dan menark sehingga akan membuat lantai rumah anda tambak indah tanpa harus merogoh kocek yang amat dalam karena harganya yang murah.

Manfaat Lantai Vinyl

Dengan memasang lantai vinyl pada lantai hunian anda, hunian anda bisa tampak makin indah dan rapi. Banyaknya variasi motif dan juga corak yang beragam dapat disesuaikan dengan bergai konsep hunian baik yang klasik, modern, mewah maupun minimalis.

Nah, itulah tadi sedikit uraian seputar lantai vinyl yang bisa kami bagikan pada artikel kali ini. Sekian, semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan wawasan bagi anda.

Post Your Thoughts