Ruang tamu merupakan salah satu ruangan paling penting dari sebuah hunian. Ruang tamu dapat diibaratkan sebagai muka si pemilik rumah, oleh karenanya desain ruang tamu haruslah benar-benar diperhatikan. Salah satu bagian penting ketika mendesain ruang tamu adalah lantai ruang tamu. Lantai ruang tamu hendaknya terbuat dari keramik agar mudah pemeliharaannya.

Selain itu, macam jenis dan motif keramik ruang tamu sangatlah beragam sehingga dapat dipadu padankan dengan berbagai konsep desain interior. Nah, untuk anda yang ingin tahu lebih banyak seputar jenis-jenis keramik yang biasa digunakan untuk ruang tamu, kami akan bagikan informasi lengkapnya berikut ini.

 

Keramik Ruang Tamu Biasa

Keramik ruang tamu jenis ini merupakan yang paling laris di pasaran. Keramik ini jumlah produksinya banyak dan juga harganya cukup terjangkau sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya di tko besar maupun toko bangunan kecil sekalipun.

Ukuran keramik biasa ini berbeda-beda. Umumnya, mulai dari 30 cm persegi hingga 80 cm persegi. Namun, ada juga Keramik Ruang Tamu biasa yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran memanjang sekitar 15 x 30 cm.

Keramik biasa ini menyajikan banyak pola dan juga sehingga dapat disesuaikan dengan material penutup dinding dan lain sebagainya.

 

Keramik Ruang Tamu Terazzo

Terrazo merupakan material yang sering digunakan pada lantai, terbuat dari campuran semen, pecahan marmer dan juga pasir. Ada dua jenis terrazzo yang umum dijual di pasaran, yakni terrazzo yang permukaannya kasar dan terrazzo yang mengkilap.

Masyarakat banyak yang menyukai keramik jenis ini karena mampu menampilkan kesan tradisional. Rumah-rumah bergaya tempo dulu yang masih mempertahankan unsur tradisionalnya banyak yang menggunakan keramik jenis ini untuk melengkapi desain interiornya.

Keramik ini banyak tersedia di pasaran dengan harga dan juga ukuran yang beragam. Umumnya, ukuran Keramik Ruang Tamu tarazzo ini mulai dari ukuran 20×20 cm hingga 60×60 cm.

 

Keramik Ruang Tamu Granit Alam

Keramik granit alam kini telah menguasai pasaran dan seolah menjadi primadona tersendiri bagi masyarakat. Hal ini karena keramik granit mampu menciptakan kesan natural, sejuk dan juga asri pada hunian kalangan menengah hingga atas.

Harga granit ini bisa dibilang sangat mahal. Meskipun demikian, harganya yang mahal tetaplah sebanding dengan kualitasnya. Dengan keramik jenis ini bukannya tak mungkin rumah anda akan terlihat lebih mewah daripada menggunakan keramik biasa.

Keramik granit ini memiliki cutting size yangmana membuat tingkat presisi pada masing-masing lembar granit sangat akurat. Oleh karenanya, dalam proses pemasangan Keramik Ruang Tamu ini anda hanya membutuhkan nat selebar 1 mm.

 

Keramik Ruang Tamu Homogeneous Tile

Homogeneus tile sebenarnya merupakan salah satu bentuk dari ceramic tile. Keramik homogeneous tile hampir mirip dengan marmer ataupun batu granit alam. Karakter dari keramik jenis homogenous tile ini cenderung classy dan juga trendy. Keramik ini sangat cocok untuk anda yang menganut desain rumah minimalis.

Ukuran keramik jenis ini mulai dari 40×40 cm, 60×60 cm sampai yang paling besar yaitu 100×100 cm. Keramik homogeneous tile yang berukuran besar kini sedang trend dan juga laku keras di pasaran.

Berdasarkan motifnya, keramik homogeneous tile bisa dibedakan menjadi tipe polos dan tipe bermotif. Motifnya sangat beragam, mulai dari motif marmer, motif kayu, dan juga motif granit.

Nah, itulah sedikit uraian seputar jenis-jenis keramik ruang tamu yang bisa kami bagikan pada artikel ini. Sekian, semoga bermanfaat dan bisa menambah referensi anda.

Post Your Thoughts