Memiliki hunian yang indah dan nyaman tentunya merupakan impian bagi semua orang. Untuk menciptakan hunian yang indah dan nyaman tersebut, ada berbagai factor yang harus diperhatikan, salah satunya adalah jenis lantai yang digunakan. Tidak sedikit orang yang cukup merasa kebingungan dikala harus menentukan jenis lantai yang paling tepat guna penunjang keindahan, tanpa harus meninggalkan factor kenyamanan.

 

Mengapa Harus Lantai Vinyl?

Salah satu jenis lantai yang kini banyak digunakan untuk lantai-lantai rumah diseluruh belahan dunia adalah lantai vinyl. Lantai vinyl ini merupakan jenis pelapis atau penutup lantai sintetis yangmana memiliki motif sangat beragam karena motifnya sengaja dibuat meniru motif-motif lantai dari bahan lain.

Lantai vinyl umumnya berbentuk papan atau lembaran, dengan ukuran lebar kurang lebih 20-30 cm dan panjang 90-100 cm. Secara harga, vinyl merupakan jenis pelapis lantai yang relatif murah. Oleh karena harganya yang terbilang murah dan tingkat keawetannya yang cukup tinggi, lantai vinyl ini mulai banyak digunakan pada rumah-rumah di Indonesia.

Namun, sama halnya seperti pelapis lantai lainnya, lantai vinyl ini juga memiliki kekurangan dan kelebihan. Untuk anda yang tertarik dengan jenis lantai yang satu ini, hendaknya ketahuilah dulu kelebihan dan kekurangan lantai vinyl ini agar dapat menentukan pilihan yang tepat. Adapun kelebihan dan dan kekurangan lantai vinyl adalah sebagai berikut.

Kelebihan Lantai Vinyl

Lantai vinyl memiliki berbagai kelebihan sehingga banyak disukai sebagai pelapis lantai rumah-rumah di Indonesia. Bebeerapa kelebihan lantai vinyl ini diantaranya adalah:

  1. Cara perawatan yang mudah yaitu cukup dengan menyapu dan juga mengepel lantai untuk menjaga agar vinyl selalu bersih
  2. Memiliki banyak pilihan motif sehingga anda bisa lebih leluasa dalam menentukan pilihan gaya, warna, maupun corak lantai
  3. Memiliki tingkat kemiripan yang tinggi dengan bahan lantai lain karena lantai vinyl dibuat menyerupai jenis material lain, seperti bebatuan maupun kayu.
  4. Lantai Vinyl mempunyai permukaan yang lebih halus jika dibandingkan dengan lantai dari bahan kayu
  5. Lebih nyaman ketika di pijak, karena bagian bawah lantai vinyl dilapisi dengan kain atau busa.
  6. Lebih fleksibel dalam pemasangannya
  7. Awet, karena mampu bertahan sekitar 10 hingga 15 tahun
  8. Cukup kuat dan mampu menahan air

Kekurangan Lantai Vinyl

Diantara kelebihan dan kekurangn lantai vinyl, adapun uraian kekurangannya sebagai pelapis lantai adalah sebagai berikut.

  1. Bisa membahayakan pemilik rumah karena lantai vinyl terbuat dari PVC atau polyvinyl chloride yang dapat melepaskan volatile organic compounds, bagi mereka yang sensitive akan zat ini bisa sangat berbahaya.
  2. Perekat lantai vinyl bisa tidak bekerja secara maksimal sehingga mudah lepas.
  3. Mudah rusak apabila terkena benda tajam, seperti terkena gesekan furniture, bahkan benda berat pun juga beresiko merusak lantai vinyl.
  4. Sulit diperbaiki dan harus mengganti baru jika terjadi kerusakan.

Bingung dalam menentukan jenis lantai rumah yang akan digunakan memang merupakan hal yang wajar karena dalam memilih lantai rumah ada beberapa unsur yang harus diperhatikan diantaranya yaitu, unsur kenyamanan, keamanan, keindahan dan juga kemudahan dalam perawatan. Oleh karenanya, diperlukan perhatian dan pertimbangan lebih dalam menentukan jenis lantai yang akan digunakan.

Nah, itulah tadi sedikit informasi seputar kelebihan dan kekurangan lantai vinyl yang bisa kami bagikan pada artikel ini. Sekian, Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda dalam menentukan pilihan jenis lantai yang tepat untuk hunian anda.

Post Your Thoughts