Sebuah bangunan yang tampak apik, menawan, dan megah dari luar belum tentu membuat nyaman dan mampu berlama – lama tinggal di situ. Hal ini disebabkan faktor penentu dari kenyamanan sebuah bangunan bukanlah bentuk bangunanya, melainkan tata ruang yang di desain secara tepat dan sesuai yang akan menimbulkan kenyaman bagi penghuni.

Begitu juga dengan ruang tamu rumah Anda. Karena ruang tamu adalah salah satu tempat utama yang akan di lihat paling awal ketika masuk ke rumah. Desain interior ruang tamu rumah Anda yang akan diperhatikan secara detail oleh orang yang bersilaturahi ke rumah Anda. Lalu bagaimana menciptakan desain interior ruang tamu  yang tampak elegan, menarik, dan nyaman? Ini lo rahasianya.

 

Tema Desain Interior Ruang Tamu

Konsep yang digunakan dalam mendesain suatu tempat sangatlah penting. Anda harus menentukan terlebih dahulu ingin dibuat seperti apa interior ruang tamu rumah Anda. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam menata setiap benda yang akan Anda gunakan.

Jika Anda sudah menemukan tema yang pas, Anda bisa memilih warna dasar yang akan Anda aplikasikan di dinding, sofa, meja, atau hiasan lainnya. Jika semua benda yang akan Anda pasang senada, maka ruang tamu Anda akan terlibat lebih menarik dan tidak kontras. Selain itu, Anda juga bisa memilih furnitur yang sesuai dengan konsep yang Anda pilih dan yang pasti harus sesuai dengan tempat yang tersedia. Jika Anda ingin mengangkat tema tradisional, Anda juga perlu memilih meja yang sesuai dengan tema tradisonal dengan warna coklat atau warna kayu. Hal tersebut akan menghidupkan kesan tradisional namun tetap elegan.

 

Desain Interior Ruang Tamu Minimalis

Jangan sedih memilki ruang tamu yang terbatas luasnya. Anda tetap bisa berkreasi tanpa kesulitan dengan mengolah ide ide yang kreatif tentunya. Bagi yang memiliki ruang tamu minimalis harus lebih pandai menata setiap barang yang ingin ia pasang di ruang tamu agar tidak terkesan sempit dan tetap ada ruang untuk bergerak. Jika ruang tamu Anda ukurannya sangat minimalis dan tidak mungkin meletakkan sofa, Anda tetap bisa membuat ruang tamu lesehan seperti ruang tamu ala jepang atau tradisional. Jadi, seberapapun luas ruang tamu yang dimiliki bukan menjadi penghalang dalam berkreasi, asalkan kita lebih banyak memiliki pengetahuan dan lebih cermat dalam mendesain interior ruang tamu.

Gaya Interior Ruang Tamu Ala Nusantara

Desain interior ruang tamu memang beragam sesuai dengan selera dan ada yang sesuai dengan budaya di tempat tersebut. Semakin kesini orang lebih banyak memilih desain bergaya barat yang terkesan sangat mewah dan mampu membuat orang kagum. Namun, arsitektur bergaya nusantara juga tak kalah menarik, bedanya gaya interior ruang tamu ala Nusantara lebih beraliran tradisional dan disesuaikan dengan budaya daerah setempat. Konsep seperti ini yang sudah jarang digunakan orang dan terkesan sudah ditinggalkan justru akan lebih menambah daya tarik orang.

Selain mampu membuat ruang tamu idaman, secara tidak langsung Anda telah melestarikan budaya cinta tanan air. Hal tersebut akan lebih mengasah kemampuan berkreasi Anda agar mampu membuat ruang tamu tetap menarik, tidak jadul, dan memberikan kesan yang berbeda. Selain itu, Anda juga dapat melestarikan budaya Nusantara yang semakin terkikis oleh zaman.

Post Your Thoughts