Memiliki ruang tamu yang nyaman dan menawan bukan lagi impian bagi anda pemilik ruangan berukuran kecil. Serig kali, pemilik rumah dengan luas terbatas mengalami kebingungan ketika tiba saatnya untuk mendekorasi ruang tamu yang berukuran kecil. Padahal, ruang tamu yang kecil atau sempit sebenarnya tak akan membuat anda kehilangan kesempatan untuk mempunyai ruang tamu yang nyaman dan menawan. Ruang tamu yang sempit dapat didesain sedemikian rupa agar tercipta ruang tamu sederhana yang stylish dan juga fungsional.

Untuk anda yang ingin tahu bagaimana cara mendesain ruang tamu yang sempit menjadi terlihat lebih stylish dan juga fungsional, yuk simak uraiannya berikut ini.

 

Konsep Desain Ruang Tamu Sederhana

Untuk membut tampilan ruang tamu berukuran sempit menjadi lebih menarik namun tetap tidak melupakan fungsi utamanya, anda bisa memakai konsep desain ruang tamu sederhana.

Dalam konsep desain ini, anda tak memerlukan banyak furniture maupun perabot karena hanya akan membuat ruangan makin tampak sempit.Furniture yang dipakai hanya furniture basic dengan bentuk yang simple dengan warna netral sehingga akan membuat ruangan tampak lebih luas dan bersih.

Untuk dindingnya, warna-warna yang biasa diaplikasikan adalah warna netral seperti putih, cream, atau abu-abu. Begitu pula dengan lantainya, lantai keramik dengan motif yang sederhanan biasa digunakan agar lantai tampak lebih luas. Keramik dengan dominasi warna putih, abu-abu, cream ataupun coklat muda bisa dipilih.

Pengaturan Furniture Untuk Desain Ruang Tamu Sederhana

Untuk membuat desain ruang tamu sederhana yang stylish diperlukan pengaturan furniture yang benar. Sebenarnya, aturan desain dalam pengaturan furnitur ruang tamu kecil ini tak berbeda dengan ruangan besar.

Anda hanya perlu memilih furnitur yang simple dan sesuai dengan konsep desain ruang tamu sederhana. Jangan terpaku untuk memasukkan semua barang ke dalamnya. Letakkan furniture utama yang sering digunakan saja.

Jangan menempatkan terlalu banyak bangku atau sofa karena furniture tersebut memiliki ukuran yang besar sehingg kurang pas dengan desain ruang tamu sederhana.

Jika ingin meletakkan vas bunga, anda dapat mengubahnya sedikit dengan cara memindahkan vas bunga di atas meja dengan menggunakan nampan kecil yang biasa digunakan untuk menaruh toples makanan maupun gelas minuman agar selalu siap disajikan ketika ada tamu yang datang.

 

Cara Memilih Furniture Desain Ruang Tamu Sederhana

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan konsep desain sederhana, pilihlah furnitur dengan potongan yang ringan. Kursi maupun furnitur simple mempunyai keunggulan dalam segi bentuk yang lebih aerodinamis dan juga mampu memberikan nuansa lebih ringan pada ruang tamu.

Furniture multifungsi juga bisa dipilih karena bisa berfungsi sebagai furnitur sekaligus dekorasi. Sebagai contoh, anda bisa menggunakan sebuah kursi Ottoman berbahan kulit karena bagian dalam ottoman tersebut dapat ditarik keluar dan berfungsi sebagai laci penyimpanan.

Ketika mendekorasi Desain Ruang Tamu Sederhana, ketimbang meletakkan lemari penyimpanan, kabinet lebih bisa menjadi solusi. Anda bisa memaksimalkan setiap sudut kecil untuk cabinet built in.

Wall Art dan Dekorasi Desain Ruang Tamu Sederhana

Menganut desain ruang tamu sederhana bukan berarti anda tak bisa meletakkan dekorasi atau wall art. Anda bisa meletakkan elemen tersebut dengan posisi agak tinggi.

Misal, wall art ataupun rak buku built in bisa dipasang agak lebih tinggi agar menarik perhatian ke ruang vertikal dan juga membantu mengalihkan perhatian dari lapangnya ruang tamu.

Nah, itulah uraian seputar cara desain ruang tamu sederhana agar terlihat tetap styish dan nyaman. Sekian, semoga uraian diatas bermanfaat.

Post Your Thoughts