Ruang tamu adalah komponen yang penting dalam sebuah rumah. Karena disinilah penjamuan terhadap tamu dilakukan. Ruang tamu dengan penataan yang baik tentunya akan membuat tamu betah dan kagum terhadap gaya desain yang kita punya. Berbeda dengan ruang tamu yang hanya flat atau datar dan apa adanya, tamu mungkin hanya sekedar berkunjung tanpa tertarik untuk memperhatikan lingkup ruang yang ditempatinya. Maka dari itu penataan ruang atau yang lebih kita kenal sebagai desain interior penting untuk kita lakukan.

 

Stop Mengeluh Tentang Luas Ruangan

Rumah dengan ruang tamu yang sempit bukan hal yang perlu dilebih-lebihkan.  Sebenarnya masalah yang kita hadapi bukanlah masalah luasnya, melainkan penataannya. Jadi stop untuk terus menerus mengeluhkan tentang area dan luas. Kita hanya memerlukan otak yang dingin guna memunculkan ide-ide brillian mengenai desain yang harus dilakukan. Sebaiknya kita bersyukur karena ukuran ruang yang kecil akan memudahkan kita dalam pendesaian. Dan lagi kita tak perlu mengeluarkan uang banyak dalam mendekorasinya.

 

Ide Desain Interior Ruang Tamu Kecil

Beberapa keadaan yang terlanjur membuat beberapa ide kreatif bermunculan. Seperti halnya kasus yang sedang kita bahas ini. Tidak mungkinkan jika kita merenovasi ulang rumah demi mendapatkan ruang tamu yang lebih besar? Tentunya hal ini hanya akan membuang uang dalam jumlah yang tak sedikit pula. Ide di bawah ini mungkin bisa menjadi rekomendasi yang cocok untuk kita terapkan apabila ada masalah yang serupa.

Salah satu langkah yang kita lakukan, sebaiknya kita tak banyak menggunakan perabot rumah tangga dengan ukuran besar. Karena hal ini hanya akan semakin mempersempit ruang gerak kita. Ruang tamu yang baik adalah ruang tamu yang bersifat frendly atau ramah dan semua kalangan usia bisa bebas menggunakannya. Ruang gerak yang sempit akan sangat menyulitkan, terlebih jika ada tamu dengan membawa anak kecil tentunya ini akan membuat kewalahan dan membahayakan.

Sebaiknya ruang tamu kecil didesain dengan barang yang simpel dan ukuran kecil pula. Tidak banyak ornamen yang menempel di lantai, melainkan banyak aksen yang menempel di dinding untuk menepis sepinya ruangan tersebut. Tentu saja hal ini akan efektif menambahkan kesan luas pada Desain ruang tamu kecil.

 

Keperluan yang Dilakukan Di Ruang Tamu Kecil

Ruang tamu yang kecil sebenarnya hanya di desain untuk keperluan sederhana, seperti di saat malam tiba, anggota keluarga kumpul dan bercengkrama. Juga, menerima tamu dengan porsi kecil ataupun sekedar belajar bersama dengan teman yang sedang berkunjung. Untuk keperluan seperti reuni keluarga besar ataupun kepentingan bisnis yang melibatkan banyak orang sebaiknya dilakukan dengan keadaan outdoor atau luar ruangan.

 

Contoh Desain Interior Ruang Tamu Kecil

Banyak tipe desain yang diminati keluarga. Dalam hal ini kita ambil contoh penataan ruang tamu yang ramah terhadap anak kecil. Ruang tamu dengan kondisi seperti ini sebaiknya di desain dengan furnitur yang bersifat lembut. Bagian lantai di gelar karpet lembut, menggunakan sofa yang berlapis kain dan empuk (tidak menggunakan furnitur kayu) serta diberi aksesoris berupa bantal sofa.

Perabot ruangan yang ditempatkan di sudut ruanganpun yang bersifat kuat, tidak mudah roboh dan jatuh. Warna dinding juga harus yang bersifat ceria dengan foto-foto atau lukisan yang bertemakan have fun mungkin bisa menjadi pilihan untuk Desain ruang tamu kecil Anda.

Post Your Thoughts